Rabu, 22 Juni 2016

Impian Teknologi Menuju Lamongan Kota Ramah Digital

Di Lamongan, khususnya di wilayah pedalaman sepertiKecamatan LarenBrondong, dan kebanyakan daerah Lamonganbagian Pantura dan sekitarnya mengalami ketertinggalan teknologi. Banyak masyarakat yang belum mengerti akan berbagai jenis teknologi. Hal ini disebabkan karena wilayah mereka yang ada di pedalaman dan keadaan perekonomian yang kurang mencukupi. Padahal, masyarakat di luar daerah pedalaman yang berkelas menengah keatas sudah canggih dalam menggunakan teknologi yang mereka punya. Bahkan, tak jarang yang berkelas menengah kebawah di luar daerah pedalaman yang sudah bisa menggunakan dan mempunyai teknologi. Keberadaan teknologi di daerah pedalaman mengalami kelangkaan juga di sebabkan karena pembagian teknologi yang kurang merata.

Bagaimana jika tidak ada penemuan impian teknologi masa depan? Jika tidak ada sama sekali penemuan impian teknologi masa depan tentunya bangsa kita tidak akan pernah maju. Akan tertinggal dengan Negara-negara lain yang mempunyai penemuan impian teknologi masa depan. Negara kita pun akan terus menjadi Negara berkembang dan tidak akan maju karena kebanyakan masyarakat tidak mengenal teknologi. Peran pemerintah sangat diperlukan dalam pengembanggan teknologi canggih masa depan. Jika sudah ada yang menemukannya lagi hendaknya pemerintah memberikan suatu penghargaan bagi yang menerimanya agar masyarakat lain temotifasi dan mempunyai dorongan untuk menggunakan teknologi itu bahkan memiliki suatu ide tentang teknologi impian masa depan untuk menemukannya.
Salah satu contoh impian teknologi masa depan adalah adanya jaringan internet yang diakses secara gratis di mana-mana dan dalam penggunaanya tidak ada kata keterbatasan. Hal ini dapat menjadikan kemajuan pendidikan, perekonomian dan perindustrian di Indonesia karena dengan mengakses internet yang bertujuan untuk mencari informasi akan menambah wawasan bagi siapapun yang memerlukannya.
Tetapi ada suatu hambatan untuk mewujudkannya yaitu kekurangan dana dan tidak adanya keikut sertaan pemerintah serta masyarakat yang cenderung masih sangat pasif. Teknologi ini dapat terwujud jika pemerintah memberikan dana untuk mewujudkan teknologi ini. Masyarakat juga harus berperan aktif yaitu dengan cara menggunakan teknologi ini dengan sebaik-baiknya dan menjaganya serta tidak merusaknya. Dalam penggunaanya bukan digunakan untuk hal-hal yang negative. Harus digunakan untuk hal-hal positive yang dapat memberikan perkembangan ilmu yang bermanfaat bagi setiap individu. Situs porografi dihilangkan, diganti dengan hal-hal yang bermanfaat lainnya. Dapat juga ditambahkan aplikasi-aplikasi lainnya yang bermanfaat agar teknologi internet akan semakin canggih.
Contoh impian teknologi masa depan lainnya adalah mobil yang didesain irit bahan bakar dan ramah lingkungan. Hal ini akan mengurangi kelangkaan pasokan minyak dunia dan juga akan mengurangi ketergantungan penduduk dunia terhadap bahan bakar fosil yang bisa habis. Mobil ini juga dapat membantu mengurangi global warming sehingga dampaknya tidak dirasakan oleh seluruh masyarakat. Yang dapat mendukung adanya mobil irit bahan bakar dan ramah lingkungan adalah teknologi masa depan yang berguna untuk mengurangi masalah kemacetan lalu lintas. Teknologi yang umum digunakan saat ini meliputi detektor kecepatan kendaraan (loop detector), pengawasan lalu lintas melalui bantuan kamera video dan computer, serta penggunaan berbagai teknologi elektronik lainnya.
 Loop detector berfungsi sebagai alat pendateksi listrik. Alat ini terbuat dari kumparan kawat (loop). Tegangan sekecil apapun dapat terdeteksi oleh alat ini. Sehingga, jika kendaraan melewati alat ini, pada kawat timbul tegangan arus induksi. Jadi, dengan meletakkan loop detector pada tempat tertentu maka kita akan mengetahui kecepatan kendaraan yang lewat.
Kamera-kamera dipasang di sepanjang jalan raya dengan jarak tertentu. Hal ini bisa membantu kita untuk mengetahui kondisi di jalan raya tersebut secara visual. Pemantauannya bisa menggunakan komputer. Jadi, kita dapat menyampaikan keadaan jalan raya kepada para pengguna jalan raya tersebut. Alat ini juga dapat membantu mengurangi angka kriminalitas yang sering terjadi di jalan raya. Teknologi ini cukup evektif, tetapi terdapat kelemahannya yaitu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memasangnya dan dana yang tidak sedikit.
Selain itu, ada suatu teknologi yang bisa mendeteksi pengguna jalan yang sedang menggunakan telepon seluler. Kebanyakan masyarakat di Indonesia menggunakan telepon seluler. Bagaimana tidak? Telepon seluler bisa dibawa kemanapun. Alat ini digunakan untuk berkomunikasi dengan siapa saja sesuai dengan kebutuhan pengguna. Telepon seluler memancarkan gelombang radio (microwave). Hal ini dapat mendeteksi keberadaan pengguna jalan. Jalan raya dimasa depan akan memiliki pos-pos yang akan selalu dijaga petugas dalam waktu 24 jam. Pos-pos ini selalu siap menerima sinyal yang dipancarkan telepon seluler. Jika ada pengguna jalan yang sedang menggunakan telepon seluler, sinyal yang dipancarkan telepon seluler akan ditangkap oleh pos-pos terdekat.
Sebenarnya sangat banyak impian teknologi masa depan. Tetapi dalam mewujudkannya mempunyai hambatan-hambatan. Kekurangan dana serta waktu yang cukup lama untuk meeujudkannya. Contoh impian teknologi masa depan adalah adanya jaringan internet yang diakses secara gratis dimana-mana, mobil irit bahan bakar dan ramah lingkungan, loop detector, kamera yang dipasang di jalan-jalan, dan masih banyak lagi. Diharapkan masyarakat Indonesia memperbanyak penemuan teknologi canggih agar impian teknologi masa depan akan segera terwujud, bukan hanya sekedar mimpi. Tetapi, mimpi yang terwujud menjadi kenyataan yang akan memajukan Kabupaten Lamongan dan bangsa Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net